Home » Uji Coba Penutupan U-Turn Jalan Transyogi Bikin Kemacetan

Uji Coba Penutupan U-Turn Jalan Transyogi Bikin Kemacetan

media-cibubur.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini (19 September 2022), sedang melakukan uji coba Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) yang bertujuan untuk meminimalisir kemacetan yang selalu terjadi di Jalan Transyogi atau Jalan Alternatif Cibubur.

Baca Juga: Rencana Penutupan U-Turn Kota Wisata Depan Show room Wuling

Seperti yang diketahui, uji coba tersebut, yaitu dengan melakukan penutupan U-Turn atau putaran balik, khususnya di depan SMP Al-Azhar Syifa Budi Cibubur tepat sebelum gerbang masuk Kota Wisata.

Namun, uji coba penutupan yang sifatnya sementara ini malah menimbulkan kemacetan yang parah.

Penutupan U-Turn dilakukan hanya untuk yang di depan SMP Al-Azhar saja. Adapun jalur alternatif menghindari penutupan yang dilakukan pada Jalan Transyogi antara lain yaitu U-Turn 1 (Cikeas), dan U-Turn 3 (SPBU dekat Polsek Cileungsi).

Skenario Penutupan U-Turn Jalan Transyogi

Direktur Lalu Lintas BPTJ, Sigit Irfansyah, menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan analisa terhadap tiga skenario penuturan U-Turn ini, didapat dengan skenario yang optimal yaitu melakukan penutupan U-Turn 2 (Al-Azhar) dengan memaksimalkan penggunaan U-Turn 1 (Cikeas) dan U-Turn 3 (SPBU).

Namun, penutupan yang sifatnya sementara ini malah menimbulkan kemacetan yang parah.

Kemacetan di Jalan Transyogi
Kemacetan depan Perumahan Legenda Wisata
Kemacetan depan pintu utama Perumahan Kota Wisata
Kemacetan di Jalan Alternatif Cibubur

Sigit juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa bukan berarti kemacetan di Jalan Transyogi bisa sepenuhnya hilang, khususnya pada U-Turn depan Al-Azhar sebelum Kota Wisata.

“Uji coba yang akan dilaksanakan ini merupakan proses untuk mengetahui kondisi riil di lapangan sebagai upaya mengurangi kemacetan di kawasan ini.” kata Sigit.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.