Home ยป Microsoft rilis AI Copilot pada Windows 11 Kini Tersedia untuk Dicoba
windows-copilot-hero

Microsoft rilis AI Copilot pada Windows 11 Kini Tersedia untuk Dicoba

Pengguna Windows Insiders dapat lebih dulu mencoba AI Copilot di Windows 11 Insider Preview Build 23493

Microsoft menepati janjinya untuk merilis Windows Copilot kepada pengguna Windows Insiders pada bulan Juni. Windows 11 Insider Dev Channel Build 23493 ini memberikan akses awal ke Windows Copilot.

Microsoft pertama kali mengumumkan Windows Copilot di bulan Mei lalu pada acara konferensi Build. Versi yang dapat diakses pengguna Insiders ini berfungsi sebagai sidebar yang dipasang di sisi kanan Windows 11.

Sumber: Microsoft

Anda dapat mengajukan pertanyaan pada Windows Copilot seperti:

  • Ganti ke mode gelap
  • Mengambil tangkapan layar (screenshot)
  • Mengaktifkan mode Do Not Disturb

Seperti halnya sidebar Copilot yang terdapat di Microsoft Edge (Bing), aplikasi Office, hingga GitHub, kini AI Windows Copilot diintegrasikan langsung ke dalam Windows 11.

Melansir dari The Verge, fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem Windows. Pengguna dapat menyuruh Copilot melakukan berbagai hal, seperti menyalakan pengaturan mode do not disturb, atau melakukan aksi tertentu pada komputer.

Windows Copilot juga dapat membuat ringkasan dari sebuah file. Sumber: Microsoft

Nantinya Windows Copilot dapat dibuka langsung melalui menu taskbar di berbagai aplikasi yang sedang dibuka, seperti untuk meringkas konten yang ditampilkan pada aplikasi, menulis ulang, atau bahkan menjelaskan semua konten tersebut.

Saat dibuka, sidebar Windows Copilot akan tampil secara konsisten di semua aplikasi, program, dan windows, selalu tersedia untuk berfungsi sebagai asisten pribadi Anda

Panos Panay, Head of Windows and Devices di Microsoft

Karena ini baru preview awal, Windows Copilot tidak terlalu sepenuhnya berfungsi, baru hanya bisa untuk mengontrol beberapa pengaturan dasar pada Windows saja, dan belum ada dukungan plug-in pihak ketiga. “Seiring waktu, fitur akan ditambahkan saat kami menyempurnakan pengalaman Windows Copilot dengan pengguna Windows Insiders.”

Microsoft juga mengatakan akan memberikan “baris rekomendasi iklan di Bing yang menurut kami relevan”, jadi Anda juga pasti akan melihat iklan di antarmuka Windows Copilot.

Selain itu, Microsoft mengatakan fitur ini diluncurkan secara bertahap, jadi tidak semua pengguna di Insider Dev Channel akan dapat mengakses Windows Copilot.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.