Home ยป Tips dan Trick Mempercepat Smartphone Android yang Lemot

Tips dan Trick Mempercepat Smartphone Android yang Lemot

Sebagai pengguna Android, khususnya smartphone Android low-end (kelas bawah) dan mid-end (kelas menengah ke bawah), tentu akan sering mengalami performa yang kurang mengenakan seperti lag, hang, force close, dan sejenisnya.

Sebagai pengguna Android, khususnya smartphone Android low-end (kelas bawah) dan mid-end (kelas menengah ke bawah), tentu akan sering mengalami performa yang kurang mengenakan seperti lag, hang, force close, dan sejenisnya.

Dengan melakukan beberapa trik tertentu, kamu dapat mengoptimalkan performa smartphone Android kamu agar tidak terlalu terasa lemot. Berikut adalah tip dan trick yang dapat Anda coba!

1. Kosongkan ruang penyimpanan

Jika ponsel Anda kehabisan ruang penyimpanan, sistem akan terasa melambat. Google mengklaim bahwa akan mulai terasa kinerja saat penyimpanan di perangkat jika tersedia kurang dari 10%. Berikut cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Buka Pengaturan
  2. Ketuk Penyimpanan
  3. Jika Anda melihat ruang penyimpanan yang tersedia kurang dari 80%, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Sebagian besar produsen smartphone memiliki cara nya tersendiri untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan. Pada smartphone seperti Xiaomi, Anda akan melihat aplikasi Cleaner secara bawaan yang dapat menghapus file-file sampah dan bahkan meringankan penggunaan RAM secara otomatis.

Anda juga dapat mengunduh aplikasi Files by Google yang secara otomatis dapat untuk menghapus cache aplikasi dengan cepat, mencari foto atau gambar yang duplikat, menghapus file yang berukuran besar, dan memilih file media yang jarang digunakan untuk dihapus.

2. Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Aplikasi yang jarang digunakan tidak hanya memakan memori penyimpanan, tetapi aplikasi tersebut juga berjalan di latar belakang sehingga terus mengkonsumsi baterai. Menghapus aplikasi yang jarang digunakan dapat meningkatkan kelancaran sistem dan dapat membuat baterai lebih tahan lama. Ada berbagai cara untuk mencopot pemasangan aplikasi, namun biasanya dengan menekan lama ikon aplikasi yang ingin dihapus kemudian klik tanda silang atau menyeret ikon ke tulisan hapus yang muncul di bagian atas layar.

3. Ubah kecepatan animasi sistem

Sebuah animasi yang smooth dan lancar memang enak untuk dilihat dan dirasakan, tetapi ketika menonaktifkannya, dapat membuat ponsel Android Anda menjadi terasa sedikit lebih cepat.

Sebelum menonaktifkannya, pertama Anda perlu mengaktifkan Mode Pengembang (Developer Options). Berikut cara melakukannya:

  • Masuk ke Settings
  • Ketuk About Phone (Tentang ponsel)
  • Ketuk Build number (Nomor Build) sebanyak 7 kali
  • Masukkan kata sandi untuk membuka Opsi Pengembang (jika diperlukan)
  • Kembali ke halaman Settings, kemudian ketuk System untuk masuk ke Developer options (Opsi Pengembang) dibagian bawah

Pada halaman Developer options (Opsi Pengembang), geser kebawah hingga Anda menemukan opsi Windows animation scale, lalu pilih Animation 0.5x. Anda akan merasakan perubahan yang sedikit lebih cepat dari sebelumnya ketika Anda membuka aplikasi seperti masuk dan keluar dari aplikasi.

4. Restart smartphone Anda

Me-restart ponsel Anda adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan kinerja. Meskipun sistem manajemen memori Android sangat baik dan sebagian besar ponsel memiliki RAM yang lebih dari cukup, melakukan restart dapat menyegarkan performa dan resource yang digunakan untuk menjalankan aplikasi di latar belakang. Ada baiknya untuk me-restart telepon Anda setidaknya sekali dalam seminggu/ Jika Anda merasa kurang dan masih terasa lamban, lakukan restart setidaknya dua hari sekali.

5. Factory Reset

Langkah paling terakhir jika semua cara yang anda lakukan belum terasa maksimal, yaitu dengan melakukan Factory Reset atau Reset ke Pengaturan Pabrik. Yup benar. Ini akan menghapus semua data Anda dan mengembalikan ke tampilan awal seperti membeli smartphone baru. Pastikan untuk membuat backup semua data penting Anda sebelum melakukan Factory Reset. Setelah Anda melakukan Factory Reset, Anda akan memulai pengaturan awal seperti baru


Meskipun tips ini dapat menambahkan sedikit peningkatan kinerja pada Android, tidak menutup kemungkinan bahwa smartphone Anda akan terasa lemot lagi dikemudian hari. Jika smartphone Anda kurang terasa adanya peningkatan setelah menerapkan tips ini, mungkin sudah waktunya Anda untuk membeli smartphone baru.

More Reading

Post navigation

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.