Home ยป Fitur Companion Mode WhatsApp, Satu Akun Bisa Di Beberapa Ponsel Sekaligus

Fitur Companion Mode WhatsApp, Satu Akun Bisa Di Beberapa Ponsel Sekaligus

Setelah merilis fitur “Companion Mode” untuk pengguna Beta di Android minggu lalu, WhatsApp kini meluncurkan fitur tersebut untuk semua pengguna WhatsApp versi terbaru di Android.

Tahun lalu, WhatsApp memperkenalkan fitur multi-device, dimana pengguna dapat menghubungkan satu akun WhatsApp di beberapa perangkat yang berbeda (non-ponsel), seperti WhatsApp Web atau versi PC.

Fitur Companion Mode memungkinkan pengguna WhatsApp untuk menggunakan satu akun WhatsApp di beberapa perangkat smartphone Android sekaligus.

Fitur ini merupakan penyempurnaan dari fitur multi-device yang diperkenalkan tahun lalu, yang memungkinkan pengguna mengirim pesan di semua perangkat mereka dengan tetap mempertahankan tingkat privasi dan keamanan yang sama.

Pengguna dapat menghubungkan hingga 4 perangkat Android sekaligus sebagai perangkat pendamping (companion device) yang terhubung secara independen dan terenkripsi menggunakan enkripsi end-to-end.

Fitur ini juga sangat berguna bagi UMKM yang kerap menggunakan WhatsApp untuk bekerja dan mengelola akun WhatsApp Business mereka kepada beberapa karyawan nya.

Selain itu, jika perangkat utama tidak aktif dalam jangka waktu yang lama, maka akun WhatsApp tersebut akan secara otomatis keluar dari semua perangkat pendamping untuk alasan keamanan.

Dalam postingan blog resminya, WhatsApp juga menyebutkan bahwa mereka akan memiliki cara lain yang lebih mudah untuk menghubungkan ke perangkat pendamping yang akan diperkenalkan dalam beberapa minggu kedepan.

Pengguna akan dapat memasukkan nomor telepon mereka di WhatsApp Web untuk menerima kode OTP, yang kemudian dapat digunakan pada ponsel mereka untuk mengaktifkan penautan perangkat, daripada harus memindai kode QR.

Mode ini telah tersedia untuk semua pengguna yang menginstal versi terbaru WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business, dan sudah mulai diluncurkan ke pengguna secara global selama beberapa minggu mendatang.

Namun, fitur ini baru hanya tersedia untuk WhatsApp versi Android saja, belum ada informasi lebih lanjut terkait kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna WhatsApp versi iOS.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.