Home Β» Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis selama 3 Bulan!

Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis selama 3 Bulan!

media-cibubur.com – Pada 26 Juni 2023, Presiden Joko Widodo melalui Menteri BUMN, Erick Thohir, telah memutuskan tarif gratis untuk penggunaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) selama 3 bulan.

Sebelumnya, Informasi mengenai tarif gratis Kereta Cepat selama tiga (3) bulan pertama kali dibocorkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam postingan di akun Twitter-nya, Jumat (23/6/2023).

β€œGratis selama tiga bulan pertama untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Dari 18 Agustus sampai dengan Oktober 2023,” tulis Ridwan Kamil.

Pada kesempatan lain, Ridwan Kamil menjelaskan pemerintah akan mempersiapkan mekanisme pembelian tiket gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung.

β€œNanti lagi ditentukan semuanya karena minatnya kan banyak. Sesuai arahan Presiden, kami akan mendahulukan (program tiket gratis, Red) masyarakat yang terdekat dengan jalur karena mereka yang terdampak tanahnya dan lain-lain. Nanti akan dibuat mekanisme teknisnya,” ujar Ridwan Kamil.

gambar: Suasana di dalam KCJB

Harga Tiket KCJB

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi juga memberikan bocoran harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Menurutnya, tiket termahal KCJB diusahakan tidak melebihi Rp 250 ribu.

Opsi tersebut merupakan permintaan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub). “Dari Kemenhub minta kalau bisa di bawah Rp 250 ribu,” katanya di Stasiun KCIC Halim, Jakarta Timur, Kamis (22/6).

Perbandingan kecepatan KJCB vs KA Argo Parahyangan

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan, Jakarta-Bandung dengan kereta cepat ditambah kereta feeder memakan waktu sekitar 45 menit.

“Total hanya butuh sekitar 45 menit sudah sampai Kota Bandung,” ujarnya.

Sebagai tambahan, untuk sampai Bandung, kereta cepat berangkat dari Stasiun Halim dan berhenti di Stasiun Padalarang. Selanjutnya, penumpang mesti menyambung kereta feeder.

Sementara, Jakarta-Bandung dengan KA Argo Parahyangan memakan waktu 2 jam 45 menit atau hampir 3 jam . Di aplikasi sendiri tertulis, jika berangkat pukul 6.30, maka penumpang akan sampai Bandung pukul 9.15 WIB.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.