Home » Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Diresmikan Gratis sampai 17 Agustus 2023

Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Diresmikan Gratis sampai 17 Agustus 2023

media-cibubur.com – Satu lagi ruas jalan tol diresmikan kepala negara pada 4 Agustus 2023, yaitu Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong-Cibadak berjarak 11,9 kilometer.

Rencana pembangunan tol ini sudah digagas sejak 1977, namun akhirnya tol Bocimi baru mulai dikerjakan pada 2016 lalu.

Hadir dalam kesempatan peresmian tersebut, mendampingi Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dahulu perjalanan menggunakan mobil atau kendaraan darat memakan waktu 5-6 Jam.

Namun kini saat tol Bocimi dibangun, perjalanan dari Jakarta menuju Sukabumi diperkirakan akan memakan waktu 2,5 Jam saja.

Bahkan Jalan Tol ini dinilai juga dapat mempermudah akses menuju berbagai tempat wisata yang ada di sekitar Sukabumi.

Beberapa tempat wisatanya, seperti Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Ujung Genteng hingga Gunung Gede.

Gratis

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna mengatakan, tarif ruas jalan tol itu masih dalam pembahasan dan akan segera ditetapkan. Pihaknya juga akan memberikan layanan bebas tarif bagi pengguna jalan bebas hambatan tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftahul Munir menambahkan, ketentuan bebas tarif akan berlaku hingga perayaan hari ulang tahun kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang. Adapun, jalan tol seksi II dapat digunakan oleh masyarakat pada Senin (7/8/2023).

“(Berapa lama bebas tarif) setelah tanggal 17 Agustus itu bonus kemerdekaan, nanti pada hari Senin (dibuka) kira-kira dua minggu ke depan akan kita operasikan (bertarif),” kata Munir.

Tol Bocimi ada 4 Seksi

Secara kesuruhan Jalan Tol Ciawi – Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Trans Jabar Tol terdiri dari 4 seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Kemudian Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,90 km, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Jalan Tol ini nantinya akan terkoneksi dari Jakarta menuju Kota/Kabupaten Sukabumi dengan terhubung Jalan Tol Jagorawi di sebelah utara.

Diharapkan dengan selesainya Tol Ciawi – Sukabumi akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, Ciawi maupun Sukabumi.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.