Home ยป Cacar Monyet (Monkey Pox) menjadi Darurat Global, Bagaimana perkembangannya di Indonesia?

Cacar Monyet (Monkey Pox) menjadi Darurat Global, Bagaimana perkembangannya di Indonesia?

media-cibubur.com – Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Gebreyesus pada Minggu, 24 Juli 2022, menyebutkan sebulan yang lalu ada 3.040 kasus cacar monyet dari 47 negara yang telah dilaporkan ke WHO. Hingga kini, wabah terus berkembang hingga mencapai 16.000 kasus yang dilaporkan dari 75 negara dan terdapat lima orang meninggal dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan penyakit cacar monyet sebagai Darurat Kesehatan Global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Lalu, bagaimana dengan perkembangannya di Indonesia?

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan Indonesia nihil kasusย cacar monyet atau monkeypox hingga hari ini.
“Sampai hari ini sejak diumumkannya kasus pertama di Inggris yang lalu, kita belum ada kasus konfirmasi, probable, maupun suspek,” ujar Syahril dalam dalam konferensi pers Kemenkes, Rabu (27/7).

Sementara itu, Menteri Kesehatan, membenarkan terdapat penularan kasus cacar monyet yang tinggi pada kelompok tertentu. Oleh karena itu, pihaknya pun melakukan pendekatan kepada organisasi-organisasi terkait. Siapakah yang rentan terhadap penyebaran penyakit Cacar Monyet tersebut?

Menurut Menteri Kesehatan, ” Ada spesifik di kelompok tertentu yang memang penularannya relatif tinggi sama seperti HIV/AIDS. Jadi kita sekarang sudah melakukan pendekatan ke organisasi-organisasi yang mengelola kelompok-kelompok ini, untuk bisa melakukan surveilans secara aktif. Jadi tidak menunggu laporan, tapi kelompok ini kita dekati supaya kita bisa melakukan testing yang langsung,”

Kemenkes pun menyatakan akan memperkuat dan memperbanyak deteksi dini atau aktivitas surveilans cacar monyet pada kelompok gay di Indonesia.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menambahkan upaya mitigasi itu dilakukan lantaran laporan dari sejumlah negara, sebagian besar yang terinfeksi cacar monyet adalah pria gay.

Bagaimana pola penularan penyakit Cacar Monyet?

Penularan dari hewan ke manusia melalui cairan tubuh terutama bagian tubuh yang ada cacar seperti di sekitar muka atau tubuh hewan. Selain itu juga, penularan ke manusia bisa melalui daging hewan tersebut yang tidak dimasak secara matang.

Sedangkan penularan dari manusia ke manusia bisa melalui udara, cairan tubuh atau cacar yang ada di muka, mulut, tangan maupun di badan. Kalau kontak langsung juga ada melalui saluran napas atau terjadi droplet.

Masa inkubasi monkeypox 5 sampai 13 hari atau 5 sampai 21 hari, dimana ada dua periode, pertama masa invasi, terjadi 0 sampai 5 hari terjadi demam tinggi, sakit kepala yang berat, dan ada benjolan atau pembesaran kelenjar limfa di leher, kemudian di ketiak, atau selangkangan.

Kedua, masa erupsi, terjadi 1 sampai 3 hari pasca demam, terjadi ruam pada kulit, ruam pada wajah, telapak tangan, kaki, mukosa, alat kelamin, dan selaput lendir mata.

”Cacar monyet ini bisa sembuh sendiri setelah 2-4 minggu pasca masa inkubasinya selesai. Penyakit ini akan sembuh sendiri tidak terlalu berat. Dari negara-negara yang melaporkan kasus Monkeypox hanya sekitar 10% pasien dirawat di rumah sakit,” ujar dr. Mohammad Syahril, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI.

Bagaimana Langkah-langkah Pencegahan terhadap penularan penyakit MonkeyPox ini?

1. Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama sebelum memasak atau mengolah makanan, sebelum makan, sebelum menyentuh hidung atau mata, dan sebelum membersihkan luka.

2. Menghindari berbagi penggunaan alat makan dengan orang lain, juga tidak menggunakan barang yang sama dengan orang yang terinfeksi cacar monyet (monkey pox).

3. Menghindari kontak dengan hewan liar atau mengkonsumsi dagingnya.

4. Memasak bahan makanan, terutama daging, hingga matang.

Jika anda memiliki hewan peliharaan yang diduga terinfeksi virus cacar monyet, segera hubungi dokter hewan dan jangan biarkan hewan tersebut berkeliaran.

Yuk! Mari kita jaga dan cegah penyebaran Penyakit Cacar Monyet dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.