Home Β» Hati-Hati! Penipuan Klik Link Undangan Pernikahan di WhatsApp

Hati-Hati! Penipuan Klik Link Undangan Pernikahan di WhatsApp

media-cibubur.com – Penipuan di aplikasi WhatsApp kembali marak, sesudah sebelumnya penipuan order barang, kini kembali marak penipuan klik link undangan pernikahan yang berakibat bisa menguras atau membobol rekening bank.

gambar: Penipuan Klik Link Undangan Pernikahan di WhatsApp

Modus penipuan baru di WhatsApp ini mirip dengan penipuan ‘foto paket’ yang ternyata ekstensinya APK. Penipuan ini menggunakan metode ‘social engineering’ yang dibuat pelaku mengatasnamakan ekspedisi. Jadi, penipuan ini tidak hanya berhenti ketika korban mendownload aplikasi itu.

Beberapa waktu lalu, pengamat keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya menjelaskan kemungkinan besar, korban tidak menyadari bahwa dia sudah menginstal aplikasi jahat dan memberikan persetujuan akses data. Dalam hal ini akses SMS dan diteruskan ke Telegram.

“Sebenarnya aksi SMS to Telegram ini belum cukup untuk mengambil alih akun dan peretasnya perlu mengetahui UN, Password dan PIN transaksi. Itu diketahui dengan mengelabui korbannya ke situs phishing seakan-akan ada perubahan tarif transfer yang kemarin ramai tarif transfer BRI dan BCA naik jadi 105rb per bulan. Dari situ dapat UN, Password dan PIN transaksi,” jabarnya.

gambar: Tangkapan Layar Penipuan di WhatsApp

sumber: TikTok @hendrayusuf260

MC-ers, selalu waspada ya! Kalau pesan datang bukan dari pihak yang kita kenal, sebaiknya diblokir dan dihapus agar terhindar dari penipuan semacam ini.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.