Home Β» International Women’s Day (IWD)

International Women’s Day (IWD)

media-cibubur.com – Hari ini, bertepatan tanggal 8 Maret 2023, diperingati secara global sebagai Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 2023.

Bahkan, Google turut membuat doodle turut merayakan International Women’s Day 2023.

gambar: Google doodle IWD 2023

IWD 2023 mengangkat tema: β€˜DigitALL: Innovation and technology for gender equality‘ dilansir dari laman situs UN Women, salah satu entitas PBB untuk  Kesetaraan Jender dan Pemberdayaan Perempuan. Juga dilansir dari laman situs International Women’s Day 2023, tema yang diangkat adalah #EmbraceEquity.

Situs International Women’s Day 2023 mengajak seluruh dunia untuk merayakan pencapaian yang telah dilakukan oleh perempuan. Kesempatan berimbang tidaklah cukup, membutuhkan equity atau ekuitas di mana setiap orang memiliki keadaan yang berbeda, sehingga untuk mencapai hasil yang setara perlu mengalokasikan sumber daya dan peluang yang tepat.

Menurut UN Women, pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi kesenjangan gender yang terjadi kepada perempuan terhadap akses teknologi. Representasi mereka yang kurang dalam pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering and Math) serta karier di bidang teknologi digital tetap menjadi penghalang utama bagi partisipasi mereka dalam desain dan tata kelola teknologi.

Selain kesenjangan gender pada pendidikan dan karier teknologi, dunia digital juga kurang memberikan keleluasaan akibat ancaman kekerasan online berbasis gender. Selain itu, ditambah dengan kurangnya bantuan hukum untuk kasus-kasus kekerasan daring.

Pada saat yang sama, teknologi digital membuka pintu baru bagi pemberdayaan perempuan, anak perempuan, dan kelompok terpinggirkan lainnya secara global. Dari pembelajaran digital yang responsif gender hingga layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang difasilitasi teknologi, era digital telah menunjukkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya untuk menghilangkan segala bentuk kesenjangan dan ketidaksetaraan.

Selamat merayakan International Women’s Day 2023 untuk seluruh perempuan hebat di seluruh dunia 😊🧨🎉🎇

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.