Home ยป Raimuna Nasional XII 2023 di Cibubur

Raimuna Nasional XII 2023 di Cibubur

media-cibubur.com – Raimuna Nasional XII (Rainas XII) 2023 sukses diselenggarakan pada tanggal 14 – 21 Agustus 2023 bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta.

gambar: Logo & Maskot Rainas XII 2023

Latar Belakang Rainas XII 2023

Berdasarkan informasi dari Petunjuk Pelaksanaan Raimuna Nasional XII Jakarta 2023 yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, latarbelakang pelaksanaan Rainas XII 2023 adalah “Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan yang memiliki visi besar dalam perkembangan dan peningkatan kualitas generasi muda bangsa melalui pendidikan karakter yang meliputi ketakwaan pada Tuhan, beriman, berakhlak mulia, nasionalisme, disiplin, cakap, terampil, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan segala perkembangan dan perubahan di sekitar baik itu teknologi, tren, kebiasaan, dan lain-lain, serta menanamkan rasa cinta tanah air sebagai dasar kuat dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta membangun masyarakat dan melestarikan lingkungan hidup.

Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang terus dikembangkan sesuai dengan perubahan zaman dan kebutuhan peserta didik yang merupakan generasi penerus bangsa untuk menyambut masa keemasan tanah air, Indonesia Emas Tahun 2045. Kegiatan kepramukaan selalu berkaitan dengan nilai-nilai pengembangan tersebut mulai dari kegiatan kursus, perkemahan, kompetisi, persidangan/musyawarah, mulai dari tingkat ranting hingga nasional. Salah satu kegiatan yang menjadi sarana dalam pengembangan peserta didik secara konkret adalah kegiatan Raimuna.

Etimologi Raimuna

Raimuna merupakan pertemuan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kata Raimuna merupakan bahasa Ambai dari daerah Yapen Waropen, Papua. Rai yang berarti sekumpulan orang dengan tujuan tertentu, dan Muna yang berarti kekuatan yang bernilai baik dalam mencapai kesuksesan, menjadi pegangan kuat dalam setiap penyelenggaraan Raimuna di segala tingkatan untuk dapat menjadi wadah yang tepat dalam segi pengembangan diri, peningkatan kualitas, dan pendorong kemajuan generasi muda.

Di tingkat nasional, Raimuna Nasional (Rainas) menjadi ajang bagi para anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan dengan segala sarana dan kesempatan yang didapatkan, juga pengalaman yang bernilai untuk pengembangan diri peserta sehingga memiliki bekal yang kuat untuk mencapai kesuksesan.

Logo, Maskot, dan Tema Rainas XII 2023

Tema yang diambil pada perhelatan Rainas XII 2023 adalah “Pramuka Hebat Indonesia Bangkit”.

Slogan yang dibuat adalah “BANGKIT (Bangun Generasi Kita)”.

Motto yang dihadirkan pada Rainas XII 2023 adalah “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”.

gambar: Logo Raimuna Nasional XII 2023

gambar: Maskot Raimuna Nasional XII 2023

Peserta Rainas XII 2023

Rainas XII 2023 akan diikuti sebanyak 25.000 orang peserta yang terdiri dari Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se-lndonesia. Dimana setiap Kwartir Cabang akan mengirimkan 3 umpi Putra dan 3 umpi Putri yang masing-masing umpi beranggotakan 8 orang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Sehingga setiap Kwarcab berhak untuk mengirimkan maksimal 48 orang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Peserta Raimuna Nasional masih ditambah dari utusan Gugus Depan Berpangkalan di KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia). Juga para Rover Scout, utusan kepanduan luar negeri.

gambar: Kontingen Rainas XII 2023 dari Kabupaten Dompu Propinsi Nusa Tenggara Barat

gambar: Stand Produk Kontingen Malaysia pada Raimuna Nasional XII 2023

Pembukaan Rainas XII 2023

Perhelatan Raimuna Nasional XII 2023 dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin bersama Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

gambar: Wapres Ma’ruf Amin menekan tombol Pembukaan Rainas XII 2023 didampingi Menpora Dito Ariotedjo dan ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso

gambar: Aksi Penerjun Payung dalam Pembukaan Raimuna Nasional XII 2023 (Riza Fathoni/Kompas)
gambar: Para Peserta Raimuna Nasional XII 2023 memberikan hormat pada Pembukaan Raimuna Nasional XII 2023 (Riza Fathoni/Kompas)

Keseruan Kegiatan Raimuna Nasional XII 2023

Berbagai kegiatan dalam Raimuna Nasional XII 2023 seperti Kampus Bangkit, Magang Bangkit, Kuliner Nusantara, Beranda Nusantara, hingga jumpa tokoh-tokoh inspiratif.

gambar: Karnaval Nusantara Raimuna Nasional XII 2023 (Foto: Panitia Rainas XII 2023)
gambar: Kontingen Bali pada Karnaval Nusantara Tampilkan Layangan Raksasa di Raimuna Nasional XII 2023 (foto: Panitia Rainas XII 2023)

Penampilan Artis dan Tokoh Inspiratif

Beberapa artis juga turut hadir menghibur para peserta Raimuna Nasional XII 2023, seperti Rizki Febian dan Tulus.

gambar: Rizki Febian pada Raimuna Nasional XII 2023 (foto: Panitia Rainas XII 2023)
gambar: Tulus pada Raimuna Nasional XII 2023 (foto: Panitia Rainas XII 2023)

gambar: Najwa Shihab hadir sebagai Tokoh Inspiratif pada Raimuna Nasional XII 2023 (foto: Panitia Rainas XII 2023)

Liputan Media Cibubur

Dalam Raimuna Nasional XII 2023, Media Cibubur sebagai media lokal-nya warga Cibubur dan Seputarannya, ikut melakukan peliputan lho, MC-ers.

Yuk, bisa ditonton di Youtube MediaCibubur TV.

Kontingen Ponorogo dalam Raimuna Nasional XII 2023
Stand Kontingen Sulawesi Selatan pada Raimuna Nasional XII 2023
Stand Kontingen Kalimantan Utara pada Raimuna Nasional XII 2023

Pembukaan Raimuna Nasional XII 2023

Penutupan Raimuna Nasional XII 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo resmi menutup Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 Di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta.

Menpora Dito pada sambutanya menyampaikan pesan agar seluruh peserta usai mengikuti Rainas 2023 kali ini nanti bisa memiliki kontribusi besar terhadap masyarakat sekitar. 

“Apa yang kalian dapatkan selama mengikuti Raimuna Nasional Tahun 2023 kali ini saya harapkan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya bagi anak muda Indonesia,” kata Menpora Dito. 

gambar: Menpora Dito menutup Raimuna Nasional XII 2023 pada Minggu, 20 Agustus 2023 (foto: egan/kemenpora.go.id)

gambar: Tiara Andini menghibur dalam penutupan Raimuna Nasional XII 2023 (foto: Panitia Rainas XII 2023)

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.