Home ยป Momentum Bersejarah: Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

Momentum Bersejarah: Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

media-cibubur.com – Tanggal 2 Oktober 2023 akan dikenang sebagai salah satu momentum bersejarah dalam pembangunan infrastruktur Indonesia. Hari itu, Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, secara resmi, meresmikan proyek megah yang telah dinantikan oleh rakyat Indonesia: Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Peresmian ini merupakan tonggak sejarah yang menggambarkan visi Indonesia dalam memajukan sektor transportasi dan teknologi.

gambar: Presiden Joko Widodo meresmikan KCIC (Whoosh) di Stasiun Halim, jakarta

Pertama di Asia Tenggara

Pada pidato peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Jokowi mengatakan, Kereta Cepat Whoosh adalah kereta cepat pertama di Indonesia sekaligus Asia Tenggara. Kereta ini memiliki kecepatan rata-rata 350 km per jam dan dapat menempuh jalur sepanjang 142,3 km antara Jakarta-Bandung dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

โ€œKereta cepat ini kami namakan Whoosh. Namanya terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi. Whoosh juga merupakan singkatan dari waktu hemat, operasi optimal, sistem hebat,โ€ ujar Jokowi.

Terintegrasi dengan Moda Transportasi Lain

Masih dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga mengatakan, bahwa KCJB telah terintegrasi dengan moda transportasi lain, termasuk Transit Oriented Developmentย (TOD).

Manfaat Ekonomi yang Luas

Selain manfaat mobilitas yang jelas, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diharapkan akan membawa dampak ekonomi yang signifikan. Proyek ini akan meningkatkan akses ke sejumlah kawasan industri dan perdagangan penting, yang akan memungkinkan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat dan distribusi barang yang lebih efisien.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa KCJB Whoosh akan memberikan manfaat besar pada ekosistem yang terlibat dan masyarakat yang berada di sekitar jalur operasional kereta tersebut.

Manfaat tersebut, mulai dari terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat lokal, menghadirkan multiplier effect untuk moda transportasi lain atau kendaraan feeder, menciptakan pertumbuhan ekonomi di jalur kereta cepat, hingga merangsang terjadinya transfer teknologi mutakhir di bidang konstruksi dan modernisasi sistem perkeretaapian.

Gratis Coba KCJB

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), sebagai operator dari KCJB, menghadirkan Whoosh Experience Program sehingga masyarakat dapat menggunakan Kereta Cepat Whoosh secara gratis setelah peresmian. Program ini berlaku mulai 3 Oktober 2023.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan pemesanan pada tahap pertama dapat dilakukan pada 2 Oktober 2023 untuk keberangkatan mulai tanggal 3 hingga 7 Oktober dan selanjutnya akan dibuka secara bertahap.

Pada masa promo ini, masyarakat bisa memesan tiket Kereta Cepat Whoosh melalui website ayonaik.kcic.co.id dengan ketentuan sebagai berikut: 

โ€ข Registrasi dilakukan hanya di web ayonaik.kcic.co.id 

โ€ข Setiap pemesan hanya dapat melakukan registrasi untuk 2 penumpang dalam setiap transaksi.

โ€ข Peserta menunjukan Bukti Registrasi Email yang berisi kode booking dan ID Card untuk melakukan penukaran tiket di loket counter stasiun pemberangkatan.

โ€ข Nama penumpang yang sudah didaftarkan sesuai ID Card pada saat registrasi tidak dapat diganti pada saat penukaran tiket di loket. 

โ€ข Penumpang tiba di Stasiun maksimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan KA yang telah dipilih.

Terdapat 8 perjalanan KA setiap harinya dengan 4 rute yang dapat dipesan yaitu: โ€ข Halim โ€“ Bandung

โ€ข Halim โ€“ Tegalluar

โ€ข Bandung โ€“ Halim

โ€ข Tegalluar โ€“ Halim  

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.