Home Β» Google Doodle 17 Agustusan

Google Doodle 17 Agustusan

media-cibubur.com – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yang dirayakan setiap tahunnya, pada 17 Agustus, selalu memberikan keceriaan bagi seluruh elemen masyarakat. Termasuk Google, sebagai salah satu mesin pencari terbaik di dunia, tidak menyia-nyiakan momen hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini.

Jika kita membuka halaman mesin pencari Google, akan tampak Doodle Balap Perahu atau Festival Pacu Jalur.

Pembuat Ilustrasi Google Doodle 17 Agustus 2022

Siapa artis atau seniman yang membuat Google Doodle 17 Agustus 2022?

Adalah Wastana Haikal, seorang seniman tamu yang berbasis di Bandung yang membuat ilustrasi Google Doodle tersebut. Namun, siapakah Wastana Haikal? Seniman yang bernama lengkap Haikal ini lahir pada 12 Juni 1994 dan merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hasil karya Wastana Haikal memiliki kesan quirky, vibrant, penuh detail dan berwarna. Seperti terlihat pada akun instagramnya, @wastanahaikal, semua karyanya begitu berwarna dan detail.

Wastana Haikal dalam salah satu karyanya di @wastanahaikal

Ilustrasi Festival Pacu Jalur

Dikutip dari wikipedia Indonesia, Pacu JalurΒ merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon. Panjang perahu ini bisa mencapai 25 hingga 40 meter dan lebar bagian tengah kir-kira 1,3 m s/d 1,5 m, dalam bahasa penduduk setempat, kataΒ JalurΒ berartiΒ Perahu. Setiap tahunnya, sekitar tanggal 23-26 Agustus, diadakan Festival Pacu Jalur sebagai sebuah acara budaya masyarakat tradisional KabupatenΒ Kuantan Singingi, Riau, bersamaan dengan perayaanΒ Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pacu jalur biasanya dilakukan di SungaiΒ Batang. Hal ini tak lepas dari catatan panjang sejarah, Sungai Batang Kuantan yang terletak antaraΒ Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu dan Kecamatan CerentiΒ di hilir, telah digunakan sebagai jalur pelayaran jalur sejak awal abad ke-17. Dan, di sungai ini pulalah perlombaan pacu jalur pertama kali dilakukan. Sedangkan, arena lomba pacu jalur bentuknya mengikuti aliran Sungai Batang Kuantan, dengan panjang lintasan sekitar 1Β km yang ditandai dengan enam tiang pancang.

Untuk tahun ini, Festival Pacu Jalur akan diadakan pada 21 – 25 Agustus 2022 di Sungai Kuantan. Rencananya event ini akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.